RSGM Gusti Hasan Aman

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Sejarah Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman

Berdirinya Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman ini dilatarbelakangi karena pada tahun 2013 Provinsi Kalimantan Selatan masih kekurangan dokter gigi, sebagaimana data bahwa rasio  dokter gigi dengan penduduk yaitu 5 dokter gigi untuk 100 ribu penduduk idealnya adalah 11 dokter gigi untuk 100 ribu penduduk dan dengan adanya  cerita rakyat masyarakat Kalimantan Selatan banyaknya terdapat antusias peminat pada  masyarakat Kalimantan Selatan pada dahulu ingin bekerja sebagai anggota kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia, banyak terdapat yang tidak lulus seleksi dikarenakan terdapat gigi yang ompong / berlubang adalah bagian prasyarat seleksi fisik yang harus menunjang sehingga tidak lulus seleksi dalam pencalonan anggota kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia.

Langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada waktu itu memperkuat Program Studi Kedokteran Gigi (PSKG) di bawah Fakultas Kedokteran Umum Provinsi Kalimantan Selatan. Pada tahun 2013 sampai dengan sekarang menjadi salah satu Rumah Sakit milik pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, dengan ditetapkannya Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0421/KUM/2013 tentang Pemberian Nama Bangunan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Provinsi Kalimantan Selatan milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang diresmikan pada tanggal 14 Agustus  2013 sebagai Rumah Sakit milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Registrasi tanggal 3 Desember 2013, kode RS : 6371153 S dan perkirakan dibangun sekitar tahun 2013 dengan luas Lahan 4.486 m2 dan luas Bangunan 10.983 m2.

MASA PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT DI JALAN SIMPANG ULIN BANJARMASIN

Rumah sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman bertempat di jalan simpang Ulin No.28  dan dibangun sejak tahun 2013 di dengan luas Lahan 4.486 m2 dan luas Bangunan 10.983 m2. Adapun operasi kegiatannya mulai sejak tanggal 14 Agustus 2013  dan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. RUDY ARIFIN pada tanggal 14 Agustus 2013.

Pemilihan nama Drs. H. GUSTI HASAN AMAN sebagai nama Rumah Sakit Spesialis di Kalimantan Selatan dipertimbangkan sebagai bakti dari berbagai jasa beliau bertugas di Kalimantan Selatan, baik sebagai Gubernur Kalimantan Selatan ke 9 (1995 – 2000), tidak hanya sebagai putra daerah dari Kalimantan Selatan serta merupakan keturunan ke 10 dari Sultan Banjar Sultan Suriansyah dan Gusti Mastora. Drs. H. GUSTI HASAN AMAN lahir di Banjarmasin, 26 Juli 1938 dan nama beliau sampai saat ini digunakan menjadi nama Rumah Sakit.

Dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan untuk melengkapi sarana dan prasarana baik pada Pembangunan fisik dan alat-alat kesehatan di RSGM Gusti Hasan Aman sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi dalam meningkatkan upaya pemberian pelayanan kesehatan Gigi dan Mulut kepada masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan dilanjutkan sampai saat ini memiliki  3 Tempat Tidur dan akan memiliki Mobil Ambulan sebanyak 1 unit .

 

TARGET CAPAIAN AKREDITASI RSGM GUSTI HASAN AMAN 2017

Dalam upaya untuk meningkatkan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien, RSGM Gusti Hasan Aman sedang dalam proses tahun 2017 untuk Akreditasi Rumah Sakit yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan di targetkan pada tahun ini RSGM Gusti Hasan Aman LULUS AKREDITASI.

 

LANDASAN HUKUM

  • Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesi Nomor 1333/Menkes/SK/XII/1999 tentang Pelayanan Rumah Sakit;
  • Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 012 Tahun 2013 tentang “Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas Unsur-unsur organisasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut  Gusti Hasan Aman Provinsi Kalimantan Selatan”
  • Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2013 tentang “Pembentukan, Organisasi, dan Tata Kerja RSGM Gusti Hasan Aman Provinsi Kalimantan Selatan”;
  • Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0421/KUM/2013 tentang “Pemberian nama bangunan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Provinsi kalimantan Selatan”

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas 

  • Melaksanakan upaya kesehatan gigi dan mulut secara berdayaguna dan berhasil guna dengan mengutamakan upaya pencegahan, pemeliharaan kesehatan dan pengobatan penyakit gigi dan mulut.
  • Melaksanakan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan, penelitian dan pengembangan.

Fungsi

  • Pelayanan medis gigi dasar dan spesialistik Penunjang medis dan asuhan keperawatan gigi
  • Pelayanan kesehatan gigi rujukan, Pendidikan, pelatihan dan pengembangan tenaga kesehatan
  • Penyusunan anggaran dan pengelolaan keuangan
  • Penyusunan program, rekam medis dan informasi
  • Pengelolaan urusan ketatausahaan dan  hukum kemasyarakatan

 

VISI DAN MISI RSGM HASAN AMAN

MENJADI RSGM  PENDIDIKAN YANG MANDIRI, TERKEMUKA DAN PUSAT RUJUKAN YANG PROFESIONAL DI KALIMANTAN SELATAN

  1. Mendukung visi dan pembangunan  kesehatan daerah dengan melaksanakan pelayanan dan asuhan dental dari tingkat yang sederhana hingga tingkat spesialistik dengan standar pelayanan internasional.
  2. Melaksanakan fungsi sebagai rumah sakit akademik bagi pendidikan bidang kedokteran gigi dengan prinsip Evidence Based.

 

VISI DAN MISI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan) Tahun 2016 – 2021 yaitu :

KALSEL MAPAN (MANDIRI dan TERDEPAN) LEBIH  SEJAHTERA, BERKEADILAN, BERDIKASI dan BERDAYA SAING

 

MOTTO RSGM HASAN AMAN

MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI